03 Juni 2012

Masa Kecil, Bermain di Rumah Nenek

bersandar pada pohon beringin
menyejukkan ingatan
tentang masa kecil berlarilari
pada musim yang dingin
suka berbecek pada hujan
mengejar tawatawa bahagia sekali

bermain di belakang rumah tua
nenekku baik sekali
memukul kayu, memencarkan bola kelereng
di kebun yang rimbun
soresore bersama teman sebaya
kami memanjat pohon jambu air dan memetiknya
ada pula pohon duwet di sebelahnya
banyak sekali buahnya
kami menikmati masamasa kecil dulu
sering kali kayu atau alat bermain kami meruntuhkan genteng
karena terlalu semangatnya
kakekku juga baik sekali
mereka pandai membuat kami senang

ketika pohon melinjo bertunas daundaunnya
aku memetikkan daunnya buat lauk makan
dan juga melinjo yang merah
suka sekali memanjatnya dan lama berdiam di dahan yang besar itu

di depan rumah, masih ada halaman yang luas menyerupai kebun
pohon mangga seringkali berbuah
dan lagi aku bermainmain dengan girangnya
aku senang tinggal di rumah kakek nenek sampai bertahuntahun
nenek sering pula marah
namun itu tanda sayangnya kepada aku, cucunya
indah sekali memori yang aku timbun
namun aku masih menyisakan dosa pada mereka
kakek nenekku yang berbaik hati dan bijaksana

Jakal KM 14 Jogja, 03 Juni 2012

*) Ekohm Abiyasa

* Sebuah kenangan masa kecil. Indah sekali rasanya. Meski aku seringkali tidak ada rasa pede pada diri sendiri. Entah apa itu? Tak banyak aku bercerita. Lugas saja. Jujur diriku masih merasa bersalah pada kakek dan nenek. Ketika aku sering mencuri barang mereka. Entah apa itu. Masa kecil oh masa kecil. Waktu terus saja berlalu meski aku teriakkan segala kesalahan dan duri. Saudara kakek nenek banyak yang tinggal sedusun. Jadi, seperti sebuah keluarga besar dalam desa. Oh betapa indahnya masa dahulu. Hidup pada kegotongroyongan dan kebersamaan. Kenikmatan yang tiada lagi kini. Hm.. Semoga kakek dan nenekku tenang dan tersenyum melihat kami yang masih tinggal di dunia nyata ini. Salam kangen kek.. Salam kangen nenek terbaikku.

http://serampaikata.blogspot.com/2012/06/masa-kecil-bermain-di-rumah-nenek.html

0 comments:

Categories

Unordered List

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Text Widget